Skip to content

Optimisme Terhadap Pelonggaran The Fed Angkat Bursa Jepang; Saham OSE Melonjak – Solid gold news

December 12, 2012

ilustrasi solidgold

ilustrsasi solidgold berjangka

Tokyo, 12/12 (Bloomberg) – Optimisme terhadap the Fed, AS yang akan menambah stimulus moneternya membawa saham-saham Jepang untuk mencatatkan gain lanjutan di hari Rabu sehingga Nikkei ditutup pada level tertinggi baru sejak delapan bulan terakhir. Namun, gain terbatas setelah Korea Utara meluncurkan roket jarak jauh.
Index Nikkei 225 tutup pada level tertinggi sejak 19 April, naik sebesar 0.6% di level 9581.46. Sementara itu, index Topix yang lebih luas naik 0.7% di 791.29, dengan sekitar tiga saham yang naik untuk setiap satu yang turun di bursa Tokyo.

Saham-saham mendapatkan momentum kenaikan setelah data ekonomi yang dirilis hari ini menunjukan bahwa tingkat pemesanan mesin Jepang naik untuk pertama kali dalam tiga bulan terakhir.

Rapat kebijakan the Fed (Federal Open Market Committee) Amerika akan berakhir hari ini setelah melakukan pertemuan sejak hari Selasa kemarin, dan tengah mempertimbangkan untuk meluncurkan stimulus baru yaitu pembelian senilai $40 milyar per bulan dari obligasi berbasis hipotek (mortgage backed securities) untuk menggantikan program Operation Twist, yaitu menjual surat-surat berharga yang jatuh tempo jangka pendek untuk membeli surat-surat berharga yang jatuh tempo nya lebih panjang.

Korea Utara meluncurkan roket jarak jauh yang menyimpang dari sanksi internasional, menurut pemerintah Korea Selatan dan Jepang. Roket itu diluncurkan pada pukul 09:49 pagi waktu Tokyo dan puing-puingnya jatuh ke laut jauh dari semenanjung Korea hingga timur laut Filipina, menurut pemerintah Jepang.

Saham Osaka Securities Exchange (OSE) melonjak 7,7 persen menjadi 407.000 yen setelah Badan Jasa Keuangan (FSA) Jepang kemarin menyetujui penggabungan bursa Osaka dan Tokyo. Merger kedua bursa tersebut yang selanjutnya akan disebut dengan Japan Exchange Group, akan terdaftar di Bursa Saham Tokyo (TSE – Tokyo Stock Exchange) seksi pertama mulai 4 Januari mendatang, menurut pernyataan FSA.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: